Friday, June 14, 2013

Kenaikan BB janin dan calon ibu...


Memasuki minggu ke-25 kehamilanku ini berat badanku sudah naik almost ten kilosssss T_T ajaib kaaan huhuhuuuu.....
Kenaikan total berat badan selama kehamilan, normalnya berkisar antara 12-15 kg, sedangkan Memasuki trimester 2 janin tumbuh pesat dengan pertumbuhan kurang lebih 10 gr per hari. 
Berat badan ideal calon ibu saat mulai kehamilan berkisar antara 45-65 kg. 
Berat badan calon ibu yang kurang (underweight) atau berlebih (overweight), akan berisiko baik kepada ibu maupun bayi. Overweight memang berdampak negatif pada ibu dan janin yang dikandungnya baik saat hamil, persalinan, maupun seusai persalinan. Untuk ibu hamil yang mengalami overweight dianjurkan untuk jalan kaki di pagi hari atau berenang, selain membuat ibu sehat juga dapat membakar kolesterol dan lemak dalam tubuh. 
Nah ini ada Tabel pertambahan berat badan calon ibu, pertambahan berat badan janin dan panjang janin sesuai dengan umur kehamilanyaa... semoga membantu ^^!
Jadi mitos yang mengatakan bahwa ibu hamil makan untuk dua orang itu masih bener apa gak yaaah??? heheheeee.......
Intinya sih kita harus Cermat memilih makanan...  Nah, agar berat badan kita tidak  naik secara berlebihan, upayakan makan makanan bergizi baik dan seimbang dengan tidak mengikuti mitos tidak “makan untuk berdua” :D
Dan hindari mengonsumsi terlalu banyak junk food, makanan setengah mateng apalagi daging mentah atau makanan yang banyak mengandung karbohidrat, lemak dan gula saja. Sebaliknya, perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung protein, vitamin dan mineral. Misalnya, daging (matang), ikan (matang), telur, susu, kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan segar. Semoga selalu sehat yaaah baby dan calon ibu semuaaaa ^^!

With love,
ara

No comments:

Post a Comment